Minggu, 11 Juli 2010

awal mula ketercanduan saya pada buku..

untuk posting pertama blog saya ini saya ingin membagi kepada teman-teman tentang awal ketertarikan saya pada buku.

kenapa buku? karena kalau ditanya oleh orang lain tentang hal apa yg pertama kali saya sukai dan sampai sekarang ngga pernah bosan saya sukai tentu saja dengan mantap saya akan menjawab : buku!

buku... saya pertama kali jatuh cinta pada tumpukan kertas yang berisi tulisan dan gambar-gambar itu saat umur (kalau ngga salah) 3-4 tahun. saat itu saya ingat sekali dibelikan oleh bapak saya sebuah buku ensiklopedia tentang hewan-hewan malam. bukunya gede kayak menu makanan, dan gambarnya besar-besar. waktu itu walaupun masih kecil tapi saya ingat sekali betapa excitednya saya menerima buku itu. dan karena saya belum bisa membaca, maka saya selalu meminta kakak-kakak saya untuk membacakan buku itu (berulang-ulang). dan sepertinya sekarang saya bisa membayangkan betapa bosannya mereka -_-" haha

setelah sekian lama, saking sering saya minta dibacakan oleh kakak-kakak saya, sampai hapal isi buku itu kata-perkatanya. jadi walaupun waktu itu saya belum bisa baca, tapi lumayan bisa gaya-gayaan depan orang dengan berlagak bisa membaca kalimat demi kalimat dalam buku itu (dasaar.. --"). oya, saya lupa bilang. saya tidak berasal dari keluarga yang terlalu suka baca buku. ada sih bapak saya, tapi bacaannya terlalu berbeda untuk saya pada saat itu (sampai sekarang sih, hehe) dan kakak-kakak saya paling ngga betah yang namanya baca novel, bawaannya pengen langsung baca halaman terakhirnya aja. haha. jadi hobi saya ini sering diledek sama mereka-sama kakak2 saya maksudnya. (ga tau kenapa sih) -.-

jadi beberapa saat setelah itu, saya juga ngga tau karena apa, tapi saya dibelikan komik pertama saya, Monika dan kawan-kawan (Mauricio).


karena waktu itu saya belum masuk sekolah, maka (kembali lagi) kakak-kakak saya yang membacakannya.. kasian mereka, haha
sejak melihat kisah monika, jimmy lima, dekil, meggy, dan lain-lain saya langsung tertarik dan minta dibelikan lagi bulan selanjutnya. dan dimulailah kecanduan saya pada komik/manga yang belum juga sembuh sampai sekarang :D

saat masuk sd (waktu itu umur saya sudah hampir 5 tahun) dan diajarkan membaca saya tau kalau sudah bisa membaca maka saya sudah ngga perlu lagi minta dibacain sama kakak. saya jadi semangat belajar dan ngga lama setelah itu akhirnya saya sudah bisa membaca buku sendiri... ^o^

selama bertahun-tahun setelah itu saya mulai mengenal komik lain dan mengoleksinya. dan entah kenapa dari kecil saya udah ngerasa satu hal yg bisa membuat saya tertarik sampai seperti ini hanya buku (dan itu masih terus berlaku sampai sekarang). hehe mulai dari Monika, Doraemon, Kobo-chan, chibi maruko-chan, crayon shinchan, sampai detective conan. karena dulu waktu saya tinggal dimalinau belum ada toko buku (hanya ada penjual majalah) maka saya biasanya beli buku ditarakan. nama Toko Bukunya 'Karya Anda'. toko bukunya ngga begitu besar tapi saya senang banget karena koleksi komiknya lengkap dan ada dirak pertama paling depan (Y). saya tinggal dimalinau selama tiga tahun, dan selama tiga tahun itu pula saya berlangganan disana. sampai pak haji yg punya toko kenal lho, hehe *malu

dan pertama kali saya menyukai novel waktu umur 8 tahun. novel pertama saya itu The Witches karya Roald Dahl. ada yang suka juga ngga? ;)

untuk pertama kalinya saya suka baca jenis buku yang notabene dikuasai oleh tulisan dan amat minim gambar. sejak itu saya mulai mencari novel lain Roald Dahl, lalu berlanjut dengan novel-novel yang lain.

dan bermula dari sebuah novel bersampul merah muda dengan ilustrasi seorang penyihir saya menjadi seorang pecinta fiksi sampai sekarang... :')


1 komentar: