Selasa, 24 Mei 2011

HOLA

HOLA!

setelah seabad akhirnya mood untuk menulis blog ini kembali juga. beberapa kali saya membuka blog saya ini dengan niat mengupdate sesuatu-apapun-yang bisa saya bagi, tapi hasilnya selalu nihil. dan akhirnyaa... rabu tanggal 25 may 2011, di hari autumn yang super dingin saya memutuskan untuk mengetik sesuatu disini :D *prok prok prok*

sooo... mau mulai dari mana?

ada banyak-sekali lagi-banyaaaaaak hal yang sudah terjadi sejak terakhir kali saya mengepost sesatu di blog ini, salah satunya yah, sekarang saya sudah tidak berada di negeri tercinta Indonesia lagi, hehe.. iya, sejak akhir januari tahun ini saya resmi 'pindah' ke Sydney, Australia, untuk melanjutkan studi saya..
dan kesan saya tentang Sydney? well, hhm, well.. haha bener-bener ngga tau pengen ngomong apa! ah, yang pasti Sydney ini bersih dan teratur dan aman (juga banyak makanan Indonesianya!) :)

i was really really excited when i first came to this country.. secara ini mimpi saya sejak lama, tiap hari bisa praktekin bahasa inggris yang dulunya cuma dipraktekin dikelas bahasa inggris, hidup di kotanya yang artistik nan modern dan melihat budaya orang disini yang saya yakin bedaaaa banget dengan budaya kita di Indonesia sana.. apalagi saya dari dulu punya cita-cita pengen nikah sama bule! hahaha *saya tidak malu mengakuinya :P

mungkin memang ada beberapa hal yang 'sedikit' tidak sesuai dengan perkiraan dan mengusik pikiran saya, tapi yaah... sudah bisa ada di negeri ini dan bersekolah disini saja saya harusnya bersyukur, jadi pikiran-pikiran itu berusaha saya singkirkan. jadi saya memutuskan blog ini sebagai salah satu sarana penyingkiran pikiran-pikiran saya itu :)

saya beri judul blog ini : annie vs sydney (sorry judulnya ngga bisa bagusan dikit, hehe)

pertama-tama mari kita mulai dari latar belakang. saya orang Indonesia yang berasal dari keluarga yang sangat Indonesia, pola pikir saya pun tipikal orang Indonesia (whatever you guys think it is), seumur hidup saya habiskan di Indonesia dan teman-teman saya semuanya orang indonesia. jadi waktu mulai bergaul dengan orang-orang disini saya tahu saya tidak bisa memaksakan 'pola pikir Indonesia' saya itu disini, but sometimes i just can't help it...

terutama tentang satu hal: kepercayaan. kembali lagi karena saya tipikal orang Indonesia, saya terbiasa hidup di tengah-tengah orang yang memiliki kepercayaan (apapun kepercayaannya), dan begitu saya sampai disini, saya bertemu dengan orang-orang yang saya tahu keberadaannya sangat berdeda dengan di Indonesia.

sebut saja mereka dengan sebutan 'orang-orang yang hidup untuk hari ini'.

and at the time, saya sempat mengalami apa yang biasa orang sebut 'culture shock', terlalu banyak hal baru (termasuk hal-hal yang agak susah diterima oleh sudut pandang saya) yang harus saya cerna dan itu sedikit overwhelming.

lalu ada gaya hidup yang di Indonesia terbilang taboo tapi disini dijalani dengan normal dan harus kita hormati. hal-hal seperti ini sudah saya ketahui sejak lama, bukan hal yang sama sekali asing. tapi kembali lagi, mengalami dan mendengar itu dua hal yang sangat sangat berbeda.

rasanya seperti memakan sejenis sayuran yang tidak pernah kita makan tapi sudah berkali-kali kita lihat ditelevisi (and fyi, saya ngga suka sayur :p). jadi yang bisa saya lakukan adalah berusaha mencernanya walaupun saya tahu saya tidak menyukainya dan berusaha membuka pikiran saya seluas yang saya mampu dengan berkata 'kau tidak bisa memaksakan cara pandangmu kepada orang lain'. kalimat itu menjadi semacam mantra saya disini, berbarengan dengan kalimat 'ini pilihanmu, tidak ada yang memaksamu datang kesini, jadi jalanilah.'.

tiap saya mengalami hal-hal yang tidak mengenakkan atau bertemu orang-orang yang membuat saya luar biasa kesal, saya mengingat dua kalimat itu dan bagaimana Tuhan sudah mewujudkan mimpi saya ini.

dan sejauh ini saya mendapat dua point penting:
  • hidup di luar negri memberi banyak pelajaran bukan hanya tentang kemandirian, tapi juga tentang bagaimana tetap berpegang pada prinsip hidup.
  • hidup perkuliahan disini bukan tentang seberapa pintarnya dirimu tapi seberapa kuat mental yang kau miliki.
memang semuanya tidak seindah yang saya pikirkan, tapi saya tahu hasilnya pasti setimpal. lagian saya ngga kekurangan pemandangan bule ganteng kok disini.. hahahaha ;P


blog ini memang semacam sesi curhat, jadi tidak ada pengalaman seru yang saya bagi disini. kalau mood saya datang lagi saya akan menceritakan hal-hal seru yang saya alami disini beserta dengan foto-fotonya! cheers! ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar